Gol Mandowen Bawa Persipura Tekuk Persela 1-0 di Kandang Lawan

By Admin

nusakini.com--Gol Lukas Mandowen dimenit 71 membawa  Persipura Jayapura menekuk tuan rumah Persela Lamongan 1-0 pada pekan keempat Torabika Soccer Championship (TSC) 2016, Senin (23/5)

Permainan pada babak pertama berjalan seimbang. Baik Persela maupun Persipura ngotot untuk merebut kemenangan. Babak pertama jadi panggung bagi dua kiper senior, Choirul Huda (Persela) dan Yoo Jae-hoon. 

Jae-hoon setidaknya melakukan empat penyelamatan gemilang untuk menggagalkan ambisi tim tuan rumah mencetak gol. Semisal pada menit ke-7 dan 12. Kiper asal Korsel itu menepis tembakan yang dilepas pemain Persela di sisi kiri pertahanan tim Mutiara Hitam. Lantas pada menit ke- 36, tembakan Herman Dzumafo lewat kaki kanan yang keras, berhasil diblok Yoo Jae-hoon.

Tak mau ketinggalan, pada menit ke-44, Choirul Huda ikut beraksi dengan menggagalkan skema permainan satu-dua yang diperagakan Persipura di depan gawangnya.  

Di babak kedua, berbagai upaya yang dilakukan kedua tim belum membuahkan hasil. Hingga, pada menit ke-52, pelatih Persipura, Jafri Sastra memasukkan Boaz Solossa menggantikan Foaday Boakay. Pergantian itu berdampak positif pada permainan Ian Louis Kabes cs.

Akselerasi Boaz membuat permainan tim Mutiara Hitam lebih hidup. Pada menit ke-70, diawali pergerakan Boaz di sisi kanan pertahanan  Persela, bintang Persipura itu melepas tembakan keras yang masih mampu diblok Choirul Huda. 

Namun, tangkapan kiper kawakan Persela itu tidak sempurna. Bola muntahan langsung disambar Lukas Mandowen yang berdiri bebas di depan gawang tim Laskar Jaka Tingkir. Mandowen yang menggantikan Ferinando Pahabol sukses mencetak gol. Persipura memimpin 1-0 pada menit ke-71.  

Setelah gol itu, Boaz  dkk. makin gencar melakukan penetrasi ke pertahanan tim tuan rumah. Tetapi, upaya untuk menggandakan gol belum berhasil. Hingga wasit Hadiyana meniup peluit tanda pertandingan berakhir, Persipura tetap unggul dengan skor 1-0 karena Persela tak berhasil menyamakan kedudukan. (b/ab)

Susunan Pemain

Persela (4-4-2): 1-Choirul Huda (K); 87-Kristian Adelmund, 5-Taufiq Kasrun, 26-Djayusman Triadi, 30-Eky Taufik (B); 21-Jusmadi, 8-Jose Pedro Galan, 32-Victor Pae, 10-Shane Malcolm (T); 22-Dendi Sulistyawan, 99-Herman Dzumafo (D)

Pelatih: Stefan Hansson

Persipura (4-3-3): 1-Yoo Jae-hoon (K), 21-Yustinus Pae, 2-Rony Beroperay, 31-Dominggus Fakdawer, 4-Ricardo Salampessy (B); 5-Izaac Wanggai, 13-Ian Louis Kabes, 12-Nelson Alom (T); 17-Ferinando Pahabol, 10-James Koko Lomell, 30-Foaday Boakay Eddy

Pelatih: Jafri Sastra